Q Newt

Archive for Agustus 2007

belakangan hari ini lagi kerangjingan lagunya bang ben (lagi). sebenarnya waktu kuliah dulu sekitar tahun awal 2006an, aku sudah diperkenalkan lagu-lagunya bangben oleh almarhum om jack.

kamus kocak, jhu qi, nangke lande dan bujangan kini sedang akrab ditelingaku. lama kelamaan tidak hanya lagu saja yang ingin aku ketahui dari bang ben ini. iseng-iseng akhirnya kubuka wiki, dan kucarlah benyamin sueb, hingga akhirnya sampelah aku ke sini.

dari sini aku sekarang sedikit kuketahui dari mana nama indonesia itu berasal. berikut ini kukutip semua artikelnya. kalau pengen baca dari situs aslinya klik di sini.

_______________

Asal Usul Nama Indonesia
Oleh IRFAN ANSHORY
PADA zaman purba, kepulauan tanah air kita disebut dengan aneka nama.
Dalam catatan bangsa Tionghoa kawasan kepulauan kita dinamai Nan-hai
(Kepulauan Laut Selatan). Berbagai catatan kuno bangsa India menamai
kepulauan ini Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang), nama yang
diturunkan dari kata Sansekerta dwipa (pulau) dan antara (luar,
seberang). Kisah Ramayana karya pujangga Valmiki yang termasyhur itu
menceritakan pencarian terhadap Sinta, istri Rama yang diculik
Ravana, sampai ke Suwarnadwipa (Pulau Emas, yaitu Sumatra sekarang)
yang terletak di Kepulauan Dwipantara.
  Baca entri selengkapnya »

tidak ada maksud apa-apa sebenarnya. “ga mungkin lah!” spontan temanku ngomentarin. iya sih sebenarnya ga mungkin banged, seseorang melakukan sesuatu itu tidak ada maksudnya. demikian juga dengan apa yang kulakukan saat ini (posting).

maksudku tidak ada masud yang berat. ringan aja. pertama pengen belajar nulis. kamu tahu aku bukan wartawan, tapi setidaknya keinginanku untuk bisa nulis kan tidak salah. lagian apa harus wartawan aja yang bisa nulis. kamu tahu juga beberapa kali aku membaca tulisan si bos (dahlah iskan), ko ya enak banged gitu ya dibacanya. kalau untuk menjadi seperti dia sepertinya ga mungkin. lagian kenapa harus jadi seperti orang lain. jadi diri sendiri aja.

kedua, biar blogku ga sepi aja. maksudnya ga mlompong ga diposting. ketiga, mencoba berbicara pada diri sendiri sebelum kemudian saya akan bicara padamu.

begini, tentang temen lamamu yang mempunyai eo itu sudah kita bahas sebelumnya. tidak sengaja di atas motor tadi sepulang kita dari kebun stroberi kita membahasnya lagi. pada obrolan tentang hal itu sebelumnya kamu juga mengakui bahwa bagaimanapun si dia menggunakan nama ra***, dibelakangnya.

pada bahasan tadi siang di atas motor itu, kenapa kamu mengelak. kamu bilang dia bersaing dengang wartawan lain lah. kamu bilang dia bagi-bagi duit lah. kamu juga bilang dia tidak menggunakan nama ra*** di belakangnya. bahkan kamu bilang bahwa yang dimintai ijin itu tidak tau kalo sid dia wartawan, apa tidak kontra produktif dengan statemenmu yang menyatakan dia itu bersaing dengan pa a, pak b yang profesinya sama.

mendengar itu aku langsung menggelengkan kepala. dan dengan tegas ku katakan “stop it. apa bedanya dia dengan mas j****. giliran dia dipuji, pas mas j**** di caci. maaf saya tidak mau mendengarkan pendapatmu lagi.”

ada alasan kenapa aku ga mau mendengarkan penjelasanmu lagi. ternyata sulit memang untuk memandang seseorang itu seobjektif mungkin. aku sebenarnya tidak mau berprasangka buruk. tapi setidaknya penjelasanmu tadi itu ngeles. ngga ngeles gimana, pembahasan yang sama bisa mengomentarinya berbeda dengan sebelumnya. bertolak belakang malah.

ah sudahlah sayang, sekali lagi. ga usah diperdebatkan lagi tentang ini. tapi sebaiknya kita itu objektif. ga cuman aku  yang mestinya nyingkronin omongan sama tindakan. kamu juga sayang. sebaiknya lebih objetiflah menilai seseorang itu. ya walau mungkin ini sulit. aku juga tidak tau ko tadi statemenmu berbeda dengan pas waktu kita membahas hal yang sama tempo hari.

ah sudahlah. kalau kamu memang idealis. tunjukkan sayang keidealismeanmu itu. jangan cuman koar-koar doang. yang penting adalah tindakan. yang penting itu membua perubahan kongkrit, jangan cuman ngomentarin lalu ngiprit.

ah sudah. aku tidak pandai mengungkapkan pendapat. maaf ya sayang sekali lagi. kalau menilai seseorang secara objektif itu susah. sudahlah, ngga usah menjelekan orang. yang mesti dipegang menurutku adalah belum tentu orang yang dianggap kita jelek itu lebih buruk dari kita. dan belum tentu juga kita ini lebih baik dari orang yang kita anggap jelek.

graphic1.jpg

aku pikir kamu laki-laki. kata juni yang dipegang dari seorang laki-laki adalah perkataanya. kalau menurut saya ga cowok, ga cewek omongannya memang harus dipegang. inget kan pepatah bilang mulutmu harimaumu. jadi sekarang kita ke riad, wanita hamil itu kualad, sayur mayur itu al salad, piring bersih dijilad-jilad… ups kenapa malah nyanyi lagu kamus kocaknya bang ben.

jadi sekarang, pertama kamu mestinya bisa mempertanggungjawabkan omonganmu. buktiin segala perkataanmu. yakinkan, bahwa kamu bisa asal kamu mau. katakan pada hatimu ‘aku tahu aku bisa.’ pede aja. kemana dirimu yang super pede itu. kamu masih punya kepala yang berotak. masih punya tangan yang bisa merubah dunia. tanganmu. mana tangamu. masih ada kan. masih dua. masih berjari sepulu [jumlah dari dua tangan maksudnya]. yang ga kalah penting, kamu punya hati kan?

kedua, hati-hati dengan omonganmu kedepan. jangan sampai lidahmu itu berbalik menjadi pedang dan membunuhmu. atau berbalik menjadi harimau terus menerkammu hingga tewas mengenaskan. mending kalau tewas, atau mati modar atau wafat serta meninggal dunia, bagimana kalau itu menjadikamu mayat hidup. apa sih ya mayat hidup? atau menjadikanmu akan mati enggan hidup ga mau.

ayo lah. kamu udah segede sekarang masih gitu-gitu aja. memangnya umurmu segitu-gitu aja. kamu sudah gede. jangan berdalih mengakui dengan bangga kamu seperti anak kecil. okelah kalau mukamu itu imut-imut. kamu mestinya bisa meubah itu. kekanak-kanakanmu maksdunya bukan mukanya yang imut-imut dan cakep ngga ketulungan. jujur aja ya aku aja kagum sama ketampananmu. apa lagi orang lain.

tapi yang perlu digaris bawahi ya. yang bersifat fisik itu sifatnya sebentar. fana kata pa kiai. sebentar, sementara. yang penting sekarang kamu punya hati ga?

ayo lah. kamu harusnya fokus. tentukan tujuanmu. yakikan hatimu. ayo yakinlah kamu bisa.

hiduplah lepas. coba deh inget kalau kamu nyanyi. inget ga. kamu itu nanggung banged kalau nyanyi ga lepas. ragu-ragu. takut dibilang jelek. takut dektawain orang. takut ngga masuk. kamu kebanyakan berprasangka buruk. menurutmu apa yang bilang suara kamu jelek itu suaranya bagus. ngga juga.

sekrang kalau suaramu jelek, apa selese sampai di situ. yang penting pede. lepas. bernyanyilah lepas. kalau ga pakelah headset. itu di komputer pemasaran ada punya mas heni. pake headsetnya kencengin bangben-nya bernyanyilah yang keras, lepas!.

dan hiduplah lepas hingga ngga canggung. melangkahlah lenggang ga setengah-setengah. kamu ga bisa nyanyi iya, tapi itu ngga penting, yang penting itu nyanyinya lepas tanpa beban.

mendengarkan omongan orang emang penting. tapi ga bisa dimakan bulet-bulet gitu. ga bisa telen mentah-mentah. punya otak buat apaan. kalau kamu yakin dengan jalanmu, budeg aja. ngapain dengerin omongan orang. orang itukan cuman bisa ngomongin kita, cuman bisa mencibir.

inget loh, kamu masih diri kamu kayak dulu. kamu itu pede. super pede malah. “ga juga!”. ga juga gimana, coba sekarang kamu ngaca, gila cakep banged kan lu. sebenarnya kamu, ah kamu mengagumkan. sekarang itu kamu lagi terseok aja. tapi ya masa sama angin segitu aja kamu jadi limbung. heh alam ini ga hanya meniupkan angin loh. tapi juga menciptakan gempa, tsunami malah. nah kalau kamu ga kuat, bisa terhempas kamu.

ah sudah. ayo, aku yakin kamu bisa. dan akupun tahu kalau sebenarnya dalam hatimu kamu juga percaya bahwa sebenarnya kamu bisa. begitu dulu ya. kapan-kapan ketemu lagi. jangan banyak mengeluh loh. wong kamu itu kuat ko sebenarnya. ah udah, kebanyakan ngomong neh kita pagi ini. “yee kita, elu kali yang kebanyakan ngoceh.” kapan-kapan lagi ya. tapi dengan suasanya yang sangat menyenangkan. bukan aku yang harus banyak ngomel, tapi kamu yang akan menceritakan pada dunia, dirimu. dirimu yang seorang bintang cemerlang.

iya kan? Q NEWT THE STAR IN THE SKY. bright everafter.

kemaren sore aku baru saja ngomongin si sofyan. ya ga khusus ngomongin dia seh. tapi ko pengen aja gitu ya ketemu kawan2 lama. kumpul2 atau cuman sekedar makan atau minum es teh segernya hik gunung sumbing yang ga tau sekarang gimana kabarnya di tengah persaingan per-hikan yang semakin ketat. tapi sih katanya dah buka cabang baru.

seperti biasa kalau malem sambil nyelesein pekerjaan aku buka wordpress.com, baca-baca blog orang. semalem malah aku berperan sebagai pengelolanya blognya mas jarot. idenya dari aku juga seh. jadinya aku buatin dia blog. aku pikir tulisan ‘pena’ yang diterbitin tiap hari kecuali hari minggu di radar banyumas itu bagus, jadi kenapa juga ga di publishin ke dunia. kalau pengen baca blognya [baca: catatan pena] dia baca aja di sini.

selain ngeblog, aku juga sering buka-buka friendster. ya biar ga ketinggalan tren aja. paling tidak punya lah. temenku juga belum terlalu banyak. baru 98 itu pun di dalamnya ada satu yang punyaku sendiri tapi dengan nama lain. pengennya seh paling tidak bersaing sama juni, tapi ko ya abot banged. padahal juni juga baru punya temen 200an.

buka-buka friendsterku, ternyata wisnu sudah approve commentku. “lama baged,” pikirku. ga tau neh sekarang orang ini di mana? buka-buka daftar temennya dia, eh ternyata ada sofyan juga di sana. tapi kayaknya dengan format yang berbeda. sebelumnya aku udah punya alamat friendsternya dia, eh sekarang dia buat lagi.

rada sureprise juga seh ada fotonya dia. lumayan buat melepas kangen [heheheh]. tapi aku ragu kalau itu foto terbarunya dia. kayaknya dia kelihatan lebih muda. mungkin dia foto 7 tahun yang lalu kali ya.

dengan ganjennya di menuliskin di samping fotonya kalimat “Haiiii……salam kenal ya……” dari dulu memang kadang dia wagu. tapi itu yang membuatnya seperti sekarang [haha ya embuh ding]. yang jelas sekarang kayaknya emang dia baru punya friendster baru. nyatanya temennya dia cuman ada dua. wisnu dan yool [yang aku ga tau siapa].

punya wisnu aku dah buka, karena memang di friendsterku dia dah ada. iseng aja aku buka punya si yool temennya sofyan ni. ternyata memang aku tidak tahu. primary fotonya aja pake gambarnya pedrosa dan temen2nya. tapi yang menarik dari friendsternya si yool ini adalah kalimat di samping primari fotonya itu. kalimat itu seperti ini bunyinya ” cinta sejati adalah cinta tak bersyarat: yang membebaskan orang yang kita cintai agar menjadi dirinya sendiri.”

jadi timbul pertanyaan dalam diriku. apa itu cinta?, apa itu cinta sejati?, cinta tak bersarat?, kayak lagunya element aja. apa maksud membebaskan?, apa pula yang dimaksud dengan menjadi dirinya sendiri? ah bundet aku. ngga ngerti kalau soal begini. apa memeng benar apa yang dikatakan si yool itu? atau dia juga sebenarnya ga ngerti. nyontek aja gitu. ah lagi2 bundet. kalau suatu hari aku bertemu temennya sofyan yang bernama yool ini pasti aku akan menanyakannya.

myan, panggilan untuk sofyan, dulu mintanya dia dipanggil mas dede sofy. centil banged kan dia itu. dimana sekarang dikau duhai wong wagu. kalau ke pewete kita dikasih kabar ye. teli teli atai mesi mesi [hihihi]. dan yang pasti salam ya buat yang temenmu yang bernama yool itu. katakan aku pengen ngerti apa maksud cinta sejati yang dia maksudkan.

“apa itu hidup bila tidak ada masalah…”

penggalan lirik lagu di atas adalah jingle iklan sensi plongnya sprite, yang dinyanyiin ahmad dhani sang frontman dewa19 featuring chynthia sari, yang katanya seh penyanyi dangdut. tapi ngga ngerti juga. ada juga yang menyebutkan bahwa yang nyanyiin jingle bersama ahmad dhani itu adalah mulan sari, mantan vocalis ratu.

di beberapa lagunya dewa, seperti yang kita ketahui bersama [bahasanya..], lagu seperti sedang ingin bercinta dan dalam lagu barunya dewa 19 dari album kerajaan cinta mati aku mati, memang dihiasi oleh suara mulan sari. sejujurnya seh aku lebih suka kalau yang nyanyiin mulan. seksyeh aja kedengarannya.

sebenarnya juga seh, aku sedang tidak membahas lagu itu. cuman pertama, enak aja musiknya. dangdut getu loh. gw kan pasukan joged, dangduters. kendang dalam lagu tersebut juga kental banged. dangdut tempo doeloe. ya kayak mendadak dangdut. ga pure [baca pyur] dangdut, in udah dimix dengan sentuhan musik rock. lagu ini juga yang nyiptain dhani jadi kental banged warna dhaninya.

kedua, liriknya yang menggoda batinku [hahaha]. ga bagus-bagus amat sebenarnya, apalagi itu sebenarnya buat jualan sprite. iklan! “bebaskan, bebaskan gerahmu, rasakan sensasinya..,” begitu salah satu penggalan lain lirik lagu tersebut.

dan tentu saja bukan itu yang membuatku tertohok. “siapa bilang hidup ini mudah, seperti yang dibayangkan. hidup tak pernah tak seperti yang dimau yang diharap-harapkan,” begitu katanya dhani dalam lagu itu.

duh dah mentog neh. pengennya seh panjang mostingnya. tapi dah ga mood. jadi ya gitu aja ya. biasa, seadanya.

aku ini kalau ga masalah sedikit aja stress, bawaanya pengen marah2 aja. ga sadar kalau sebenarnya sumber masalahnya dari sendiri. selain daripada itu masalah itu musti dihadapi dengan senyuman bukan dengan amarah. saranku jangan banyak marah ya. redam emosimu. control ya. ingat lho control itu pentring. ga punya control ga bisa kencring lho.

Ahmad Dhani & Cynthia Sari – Bebaskan

siapa bilang hidup ini mudah
seperti yang dibayangkan
hidup tak pernah selalu seperti
yang dimau, yang diharap-harapkan

apa itu hidup bila tidak ada
masalah-masalah yang selalu ada
buanglah gerahmu, singkirkan penatmu
sirami panasmu, pupuskan pusingmu

reff:
bebaskan, bebaskan gerakmu
rasakan sensasinya
bebaskan, bebaskan gerakmu
rasakan sensasinya

sensasi plong, sensasi plong
sensasi plong, sensasi plong
sensasi plong, sensasi plong
sensasi plong, sensasi plong

apa itu hidup bila tidak ada
masalah-masalah yang selalu ada
buanglah gerahmu, singkirkan penatmu
sirami panasmu, pupuskan pusingmu

repeat reff

Sumber: LirikLaguIndonesia.Net