Q Newt

kultum malam ke-29

Posted on: September 28, 2008

malam ini, malam ke 29 ramadhan, alhmadulillah saya masih bisa shalat taraweh. seperti biasanya juga saya tarawehnya di masjid shalahuddin, deket pom bensin sokaraja. sebenarnya di perumahan tempat saya tinggal juga ada masjid yang digunakan untuk taraweh juga. tapi berhubugn saya ini suami yang baik hati, dan sayang istri. saya nungguin istri kerja.

nah daripada nungguin istri selese kerja itu saya cuman internetan doang. saya iseng-iseng berhadiah (hehe) aja shalat tarawih. eh siapa tahu saya dapet istri baru. astagfirullah.

saya merasa nyaman juga taraweh di shalahuddin. rakaatnya dikit, cuman 8 tarawih dan 3 witir. walaupun suratanya panjang, tapi its oke yang penting shalatnya ga kesusu-susu atau kedada-dada. kan shalat ga cuman jengkang-jengking doang, bukan begitu?

selain itu, saya juga ngerasa dapat ilmu yang bermanfaat. soalnya setelah shalat isya, sebelum tarawih. selalu ada yang ngisi kultum. kuliah tujuh menit. kalau dihitung-hitiung seh sebenarnya tuh kuliah lebih dari tujuh menit. lebih lah, tapi tapi ga lama-lama banged. tapi ga masalah, yang pentingkan ilmunya bukan lamanya.

saya lupa, apa judul kultumnya. atau beliunya ngga nyebutin judul, saya lupa juga. ah ga peting juga. yang jelas ada beberapa hal yang masih terekam dalam ingatan saya, yang akan saya tuangkan berikut ini.

beliau pak kiai menjelaskan bahwa puasa yang kita jalankan selama sebulan penuh itu, memberikan kita pelajaran kita tentang  hal-hal sebagai berikut :

pertama, menghidarkan kita dari musyrik kecil, riya. pak kiai bilang kalau ibadah puasa itu beda dengan ibadah yang lain seperti shalat, naik haji, zakat dan lain-lain. apa bedanya? apa ya bedanya saya lupa… hehehe

tapi beliau kiai itu memberikan contoh kalau ibadah seperti haji misalnya, itu selepas pulang haji, kalau ngga dipanggil pak haji atau di depan namanya ngga ada huruf H titik, kayaknya ga serem. atau kalau kita bayar zakat, kalau memberi zakatnya diem-diem aja kayaknya kurang nendang. begitu juga dengan shalat, ada juga kemungkinan kecil niatnya pamer, riya, pengen dilihat orang.

tapi kalau puasa, kata pak kiai, itu ga bisa. yang tahu puasa atau tidak itu kita sama Allah SWT. orang bisa saja lho mengira kita ngga puasa. atau kita neh bisa aja ngakunya puasa, padahal di belakang kita makan soto sokaraja yang enak banged itu.

puasa juga kata pak kiai itu, melatih kita untuk jujur. kalau kita puasanya bener-bener pastilah kita tidak akan buka sebelum waktunya tiba. sebelum adzan magrib berkumandang. mangkanya kata istri saya, itu artis yang paling ditunggu adalah afgan magrib. 

solidaritas. dengan puasa seharian, kita tentu saja akan merasakan lapar. kita seh mending masih bisa sahur atau buka, tapi orang-orang yang tidak mampu yang ada di sekeliling kita, banyak bukan yang makan sekali sehari aja udah untung. nah diharapkan neh dengan puasa bisa timbul dalam diri kita yang namanya solidaritas.

yang namanya perut emang sensitif ya. kalau laper orang bisa ngelakuin apa aja. seperti nyolong, nyopet, korupsi, atau mengambil yang bukan hak kita. ah masa seh ada yang korupsi karena laper? eh mungkin aja kan? mereka ngerasa belum kenyang, walau perut udah buncit trus mereka korupsi deh. markup, manupulasi.

atau ada juga lho seorang pimpinan yang udah keyang banged harusya. perutnya aja udah buncit banged, tapi tega mengambil bagian yang semestinya bisa dinikmati anak buahnya.

ah moga-moga deh puasa, tidak hanya ritual saja. jadi kita nanti benar-benar terlahir kembali. kita bisa berubah. berubah lebih baik tentu saja. bisa menerapkan pelajaran-pelajaran yang kita dapat selama puasa dalam 11 bulan yang akan kita hadapi setelah puasa.

Iklan

1 Response to "kultum malam ke-29"

Sayah jujur looh….
Ndak ngaku-ngaku nyang ndak-ndak….

Kalo sayah lagee ndak puwasa ya sayah bilang ajah lagee ndak puwasa.

Terserah cara orang menilai sayah….

Kayak pas ke Batam ituh, sayah dalam kondisi mukafir….

😆 😆 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

It’s Me, Q NEWT!

porno_.jpg

Kalender

September 2008
S S R K J S M
« Jul   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

theCaskims

Nyalakan Semangatmu; Apa Yang Terjadi Sekarang, Apa Yang Kamu Pikirkan Kemaren! Rencanakan Hidupmu!

Blog Stats

  • 48,783 hits
%d blogger menyukai ini: