Q Newt

Menulis

Posted on: Juli 27, 2009

Saya sadar saya rapuh. Saya sadar saya lemah, tapi saya tahu saya punya kekuatan besar untuk membuat saya kuat dan luar biasa!

Seorang teman pernah menulis di status facebooknya tentang kebenciannya terhadap orang yang menulis kata-kata bijak di status facebook. Saya sempat memberikan komentar, bertanya seperti apakah kata-kata bijak itu? Sayang kebenciannya sudah pudar, sehingga dia tidak bergairah lagi untuk membalas komentar saya.

Sebelum saya memberikan komen pertanyaan tentang seperti apakah kata bijak yang dimaksud, saya menuliskan komentar dengan membuat pertanyaan “kenapa kita tidak memberikan energi positif kepada orang lain?” Sepertinya teman saya masih terbawa emosi, sehingga dia juga membalas komentar saya dengan ‘serius’.

Di facebook, tentu orang bebas mau nulis apa aja. Mau nulis tentang kegelisahan, rasa senang, bahagia atau bahkan rasa benci seperti yang diungkapkan teman saya itu (saran saya seh tidak menulis hal-hal negatif). Juga bebas mau menulis kata apa saja, termasuk kata-kata bijak, yang dibenci teman saya itu yang sampai sekarang saya tidak tahu kata-kata bijak yang dimaksud itu seperti apa.

Saya juga sering menulis hal-hal yang tidak penting di status facebook. Tidak ada yang melarang bukan? Wong facebook itu gratis kok. Kita bisa melakukan apa aja dengan barang gratis bukan? Hanya saja saja lebih memilih menulis hal-hal yang positif di status facebook saya.

Bukan karena saya sok, tapi kondisilah yang membuat saya jarang mengganti status. Saya seringkali baru mengganti status facebook sehari sekali, bahkan sampai beberpa hari tidak diganti. Selain tidak punya ide, juga tidak ada kesempatan. Wong saya tidak punya laptop yang bisa ditenteng kemana-mana dan bisa kontek internet di mana-mana. Apalagi punya telepon pintar  yang bisa kontek internet. Saya hanya mengandalkan internet di rumah yang
kecepatannya kayak kura-kura, dan nunut di kantor istri saya. Namanya nunut, makainya juga terbatas. Harus tahu diri.

Selain kondisi tersebut, saya juga berkeyakinan bahwa menulis itu akan berpengaruh pada kehidupan kita. Terlalu jauh mungkin. Tapi yang jelas berpengaruh pada daya ingat kita.

Waktu jaman SMP dulu, saat tes saya sering membuat contekan. Tapi contekan itu pada akhirnya tidak saya gunakan. Bukan karena takut sama pengawas, tapi ternyata apa yang saya tuliskan di kertas contekan itu, saya  inget.

Mungkin begini, saat membuat contekan, kita membaca buku, kemudian menuliskan ringkasannya di kertas cetakan yang biasanya berukuran ramping dan memanjang. Saya tidak pernah menuliskan contekan di paha,
seperti teman-teman cewek saya pernah lakukan.

Nah saat pertama kali membaca, mata kita sudah menyampaikan pesan yang dilihat dan ditransfer ke pikiran kita. Namanya juga membuat contekan, tidak semua materi yang ada di buku disalin semua. Yang penting-penting saja. Ini proses kedua di pikiran kita. Kemudian kita menuliskannya. Saat kita menuliskan, apa yang kita tuliskan itu secara tidak sadar dikirimkan lagi ke  pikiran lagi. Jadi minimal tiga kali nyangkut di pikiran apa yang kita tuliskan tersebut.

Itulah kenapa saya nulis status facebooknya ‘jayus’, ‘basi’ yang saya anggap hal positif.

Selain karena keyakinan tentang menulis itu tadi, saya juga sadar bahwa saya orang yang rapuh dan lemah, gampang nyerah dan seabreg hal negatif lainnya. Yang di lain sisi sebenarnya seperti apa yang diungkapkan orang, bahwa setiap orang punya GIANT POWER dalam dirinya. Dan itu bisa kita bangkitkan dari pikiran kita, dari apa yang kita yakini.

Jadi saya memilih menulis yang positif, saya tidak muluk-muluk biar orang lain ikut mendapat pengaruh positif dari hal (yang saya anggap) positif yang saya tuliskan di status facebook. Saya hanya pengen menumbuhkan, menjaga dan memelihara semangat dan hal positif dalam diri saya. Kalau ada orang lain yang terpengaruh sukur. Kalau tidak ada, paling tidak saya telah menumbuhkan keyakinan positif dalam diri saya.

Iklan

1 Response to "Menulis"

sabar mas.. yg penting kita sekarang MERDEKA!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

It’s Me, Q NEWT!

porno_.jpg

Kalender

Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

theCaskims

Nyalakan Semangatmu; Apa Yang Terjadi Sekarang, Apa Yang Kamu Pikirkan Kemaren! Rencanakan Hidupmu!

Blog Stats

  • 48,741 hits
%d blogger menyukai ini: